Tempat wisata NTT di pulau sabu yang indah

Wisata NTT

Pulau Sabu dan Pulau Raijua adalah salah satu dari gugusan pulau cantik di Nusa Tenggara Timur. Tidak hanya cantik, di pulau ini, masih banyak sekali peningalan sejarah dan budaya yang sangat eksotis dan patut Kamu jelejahi. Bagaimana tidak? pasir pantai yang bersih, air yang jernih, ombak yang menantang, budaya yang masih terjaga, dan peninggalan sejarah yang lengkap menjadi daya tarik utama kedua pulau ini.

Tapi, sebelum Kita membahas tentang keindahan tempat wisata keren di Pulau Sabu, tahukah Kamu dimana letak pulau ini? Nah, jika Kamu ingin tahu letak pulau cantik ini, yuk Kita simak penjelasan singkat mengenai Pulau Sabu.

Dimanakah Letak Pulau Sabu?

Pulau ini adalah pulau yang masuk ke dalam Kabupaten Sabu Raijua, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Terbentuk dari hasil pemekaran dari Kabupaten Kupang. Terdiri dari beberapa kecamatan, seperti:
Sabu Barat
Sabu Timur
Sabu Tengah
Hawu Liae
Hawu Mehara
Raijua
Sabu memiliki orang-orang yang cukup ramah, bahkan bisa dibilang merupakan masyarakat paling ramah di NTT. Asal kamu datang dengan ramah, kamu akan diperlakukan dengan sangat spesial oleh warganya. Untuk keperluanmu nanti ketika di Pulau Sabu, kamu bisa meminta tolong di warga sekitar. Orang-orang Sabu sangat ringan tangan dan masih memegang tradisi tolong-menolong.

Ikan adalah menu yang murah di pulau ini. Bahkan dalam kondisi tertentu kamu bisa mendapatkannya dengan gratis. Caranya? Ketika ada nelayan yang merapat, kamu bisa membantu mereka menarik sampan ikan ke darat..hehe. Atau bisa dengan memancing, mendapatkan ikan 4-5 ekor dalan 1 jam bukanlah hal yang sulit ketika memancing di perairan Sabu.

Spot Foto Menarik

Bukit Ledeana
Tempat wisata di pulau sabu

                                                                   Bukit Ledeana

Menikmati panorama alam Pulau Sabu dari atas bukit-bukit yang berjejer di hampir seluruh daratan pulau adalah hal yang tak boleh kamu lewatkan. Beberapa bukit yang kami rekomendasikan yaitu; Bukit Ledeperihi, Ledeanda dan satu lagi bukit yang berada di 1 km sebelah timur dari bukit ledeana.

Bukit-bukit tersebut sangat bagus untuk dijadikan spot foto yang menarik, terutama saat musim penghujan. Tak begitu susah mengaksesnya, selain karena memang bukan bukit yang tinggi, tetapi ada juga yang bisa langsung diakses dengan kendaraan menuju puncaknya.

Berbicara Bahasa Sabu (Pedai Li Hawu)

Orang Sabu memiliki bahasa daerah sendiri yang biasa mereka sebut dengan ‘Li Hawu’. Mempelajari bahasa daerah Sabu merupakan hal yang tak boleh kamu lewatkan. Yang paling utama yang harus kamu tahu adalah masyarakat disini biasa memanggil perempuan dengan sebutan ‘Ina’ dan laki-laki dengan sebutan ‘Ama’. Di Pulau Jawa ini sama artinya dengan ‘Mbak’ dan ‘Mas’. Tapi di Sabu tak mengenal batasan umur dan pangkat, semua dipanggil dengan sebutan tersebut.

Tempat Wisata Menarik di Pulau Sabu – NTT

Kedua pulau ini pada dasarnya memiliki garis pantai yang cantik dari ujung ke ujung. Sejauh mata memandang kamu akan disuguhkan pantai berpasir putih dengan sedikit bumbu bunga karang sebagai pemanis.

Bahkan kamu tak perlu membayar untuk masuk menikmati pantai-pantai tersebut, cukup membawa badan dan perlengkapan saja, maka kamu sudah bisa menikmati segala pesonanya. Namun ada beberapa pantai yang kami rekomendasikan karena memang sudah biasa menjadi kegiatan wisata.

Tapi seperti dijelaskan di awal tadi, Pulau Sabu tak hanya tentang pantai, banyak peninggalan sejarah dan budaya yang menambah kaya potensi wisata daerah ini. Nah, apa saja tempat wisata tersebut? yuk Kita simak beberapa uraian singkat tentang wisata keren di Pulau Sabu:

Wisata Alam di Pulau Sabu dan Raijua

Kelebba Maja
Tempat wisata di pulau sabu

Kelebba Maja
Tempat indah ini terletak di Kecamatan Sabu LiaE, Kambupaten Sabu Raijua, Propinsi NTT. Ditempat tersebut, Kamu bisa menikmati ukiran alam yang indah berupa bebetuan yang indah dengan lukisan erosi yang cantik dengan warna merah marunnya. Benar-benar tempat unik yang hanya akan kamu jumpai di Pulau Sabu.

Gua Liemadira
Objek wisata alam di Pulau Sabu ini terletak sekitar 10 km dari Kota Seba. Oh ya, gua yang terletak di Kecamatan Hawo Mehara ini sangat cocok bagi Kamu yang berjiwa adventure. Bagaimana tidak? gua ini memiliki interior yang sangat cantik, ditambah dengan kolam yang sejuk dan air yang jernih menambah keindahan gua ini.

Pantai Napae

Tempat wisata di pulau sabu

                                                          Sunset di Pantai Napae

Pantai ini terletak di Kecamatan Sabu Barat ini memiliki pasir pantai yang putih dan bersih. disamping itu, Kamu juga bisa menunggu sunset dengan bersantai di gazebo bersama keluarga Kamu.

Satu lagi yang perlu kamu tahu, pantai ini juga dekat dengan Pelabuhan Laut Seba dan Bandara Terdamu. Dengan kata lain, untuk mencapai pantai cantik ini sangatlah mudah karena dekat dengan tempat-tempat tadi.

Pantai Bollow

Tempat wisata di pulau sabu

                                                                     

Pantai ini terletak di Kecamatan Sabu Timur, Kabupaten Sabu Raijua, Propinsi NTT. Pantai ini memiliki pasir yang cantik dan bersih. Disamping itu, air pantai ini juga masih bersih dan jernih. Jika kamu membawa peralatan snorkeling, tentu kamu bisa menikmati keindahan biota laut Bollow dengan menyelam.

Pantai Seba

Tempat wisata di pulau sabu

                                                   Pemandangan Pantai Seba dari udara

Pantai ini letaknya ada di Kota Seba, jadi jika kamu menggunakan kapal untuk berkunjung ke Sabu, maka kamu akan langsung dimanjakan dengan pemandangan keren pantai ini ketika kapal yang kamu tumpangi bersandar di Pelabuhan Seba.

Oh ya, pantai ini adalah salah satu dari beberapa pantai terbaik di Pulau Sabu. Bagaimana tidak? dengan pasir yang putih, air yang jernih, dan kondisi yang tenang, sangat cocok untuk menjadikan pantai ini adalah tujuan wisata favorit di Pulau Sabu, letaknya bersebelahan dengan Pantai Napae.

Pantai Rai Mea
Tempat wisata di pulau sabu

                                                                    Pantai Rai Mea

Tak hanya berpasir putih, tebih-tebing kecil berwarna pitih kekuningan menjadi nilai tawar tersendiri bagi pantai yang terletak di Desa Loborai, Kec. Sabu Timur ini.

Wisata Budaya dan Sejarah di Pulau Sabu dan Raijua

Kampung Namata

Tempat wisata di pulau sabu

                                                             Kampung adat Namata

Kampung ini adalah objek wisata budaya di Pulau Sabu. Jadi, jika Kamu berkunjung ke kampung ini, Kamu akan mendapat berbagai macam kegiatan dan aktivitas warga. Nah, untuk mencapai kampung ini tidak terlalu sulit loh. Pasalnya, Kamu hanya perlu berjalan setidaknya 30 menit dari Kota Seba.

Kampung Adat Kudji Ratu
Kampung adat ini terletak di wilayah Sabu Timur. Oh ya, layaknya kampung adat pada umumnya, Kamu bisa melihat seluk beluk kampung ini. Tapi ingat, jika Kamu mengunjungi kampung ini, Kamu mesti didampingi dengan warga atau pun orang yang sudah paham dengan bahasa dan seluk beluk kampung ini.

Nah, untuk mencapai objek wisata budaya di Pulau sabu tersebut, Kamu bisa menyewa motor seharga Rp 200.000,- per hari. Ingat, jarak kampung ini sekitar 15 km dari pusat kota loh. Jadi, untuk menghemat tenaga, Kamu bisa menyewa kendaraan seperti sepeda motor.

Istana Teni Hawu
Istana yang terletak di Kota Seba ini dibangun pada masa kolonial Belanda. Namun sampai saat ini istana tersebut masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik. Pada masanya, istana ini dijalankan sebagai pusat pemerintahan Seba, dengan kepimpinan Raja Samuel Djawa waktu itu.

Taji Ayam

Tempat wisata di pulau sabu

                                                                  Event adat taji ayam

Taji ayam merupakan bagian dari kelender event Adat Hole yang paling ditunggu-tunggu oleh seantoro masyarakat Sabu Raijua. Dilihat dari ramainya peminat, Taji Ayam ini sama semaraknya dengan pergelaran Piala Dunia bagi warga Sabu. Taji ayam disini bukanlah sekedar judi, melainkan simbol dan kegiatan adat warga Sabu.

Dalam kegiatan ini terselip sebuah filosofi yaitu, darah yang ditumpahkan pada ajang ini adalah perlambang dari tidak boleh ada lagi darah manusia yang ditumpahkan di tanah Sabu dengan konflik apapun. Kegiatan adat ini diselenggarakan setiap tahun di Sabu Barat, Sabu Timur, Mesara dan LiaE diasecara bergiliran.

Oleh-oleh Khas Pulau Sabu dan Raijua

Tempat wisata di pulau sabu

                                                                        Gula Sabu


Kain Tenun Adat Sabu

Tempat wisata di pulau sabu

                                                    Menenun Kain Adat Sabu

Akses dan Akomodasi

Bila ingin berkunjung ke pulau ini, Kamu bisa mengunjunginya dengan kapal fery  dari Dermaga Bolog Kupang ke Dermaga Seba dengan waktu tempuh 14 jam. Atau bisa menggunakan pesawat yang waktu tempuhnya tak sampai 1 Jam dari Kota Kupang, Ibukota Propinsi NTT.

Untuk akomodasi, Pulau Sabu memiliki sebuah hotel bernama Hotel Raihawu  serta beberapa penginapan yang ramah dompet.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer

Tempat wisata di Timor Tengah Selatan NTT yang Asik dan Indah